Team Allignment – Penyelerasan Team

Sebuah team yang sudah terlalu lama terbentuk sering kali membutuhkan sesuatu yang lebih menantang. Karena padatnya aktivitas kantor, target yang harus di kejar dan rutinitas yang tiada henti membuat sebagian besar anggota team menjadi bosan dan stagnan.

Kejenuhan dan rutinitas tiada henti hanya akan menghasilkan robot robot bernyawa yang produktivitasnya cenderung menurun. Oleh karena itu aktivitas luar ruang dalam hal ini berthema team allignment amat di perlukan.

Hal pertama yang harus di lakukan adalah penentuan kembali tujuan dan ekspektasi perusahaan terhadap acara tersebut.Diperlukan diskusi yang mendalam antara HR atau HC perusahaan dengan provider outbound yang mumpuni. Penentuan tujuan harus seiring sejalan dengan keinginan para stake holder seperti pemilik perusahaan, HR/ HC dan karyawan atau peserta yang akan diikut sertakan. Hal ini amat di perlukan agar semua keinginan mendapatkan titik temu. Jangan sampai terjadi antara owner – Human Resources atau Human Capital ingin nya apa tetapi karyawan atau calon peserta menginginkan hal – hal yang berbeda.

Kami sering menemukan ketidak singkronan tujuan “team allignment” ini hingga hasil akhir dari sebuah aktivitas hanyalah bersifat hura – hura, Hore- hore yang euforianya paling lama tiga bulan saja yang hanya menyisakan dokumentasi dokumentasi acara tanpa memberi nilai tambah dari tujuan acara itu sendiri.

Di Synergy Indonesia fase ini amat krusial karena menemukan titik temu dan benang merah antara ekspektasi perusahaan dengan yang di harapkan karyawan adalah sebuah tantangan sekaligus peluang untuk memciptakan dan mendesign program yang bisa memenuhi ekspektasi dan keinginan calaon peserta “team allignment”. Pada tahapan awal kita akan menyebar sebuah form yang harus di isi oleh calon peserta yang kita namakan Training needs Analysis ( TNA ) dari form tersebut kita akan olah dan akan tercipta narasi besar keinginan calon peserta. Setelah itu akan ada diskusi panjang dan mendalam dengan pihak HR/HC perusahaan untuk mendeign bersama program agar investasi yang sudah di keluarkan perusahaan tidak terbuang percuma tapi perusahaan mendapatkan nilai tambah dari acara tersebut.

FUN

Sebuah acara Team Allignment haruslah bersifat menyenangkan dan refhreshment bagi peserta dengan suasana kegembiraan dan suka ria maka alam bawah sadar peserta akan menerima apapun pesan tersirat dari tujuan perusahaan.

AKTIFITAS

Aktifitas haruslah di buat pada dengan waktu isitirahat yang cukup tetapi tidak berlebihan. Karena aktivitas yng berlebihan akan membuat peserta terlalu lelah sementara waktu istirahat yang terlalu lama akan membuat peserta bosan dan jenuh.

GAMES – PETUALANGAN SERU

Permainan -permainan yang akan di lakukan peserta harus lah permainan- permainan baru yang belum pernah di mainkan di acara- acara sebelumnya hingga menimbulkan efek WOW dan sesuatu yang baru dan menantang untuk peserta. Begitu pula petualangan seru yang akan di jalankan seperti Arung jeram – Paintball – Archery Battle – Offroad – High Ropes Challenge- Canoeing – Catamaran- Solo Camp – Climbing harus di didesign dan di kondisikan sangat aman dari sisi safety dan harus menyenangkan dan memberikan pengalam yang tak terlupakan oleh peserta.

CORE VALUE PERUSAHAAN

Ini yang paling utama. Setiap aktivitas yang di lakukan baik melalui games atau petualangan seru wajib memberikan satu saja insight dari 1 core value yang harus di pahami dan di mengerti setiap fasilitator yang akan di transfer knowledge kepada peserta melalui proses brief – dan debriefing. Proses debriefing harus mengangkat kembali atau merecall pengalaman yang di tarik berkesinambungan dengan Core value perusahaan.

Team Allignment adalah proses dari penyatuan kembali dan penyelarasan kembali motivasi – etos kerja – target perusahaan dan yang paling penting adalah tujuan bersama para stake holder.

Selamat memcoba Program Team Allignment bersama Synergy Indonesia


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.