Sinergi atau kekacauan…?

Semua orang tahu bahwa team merupakan sesuatu yang perlu. Coba saja menggunakan kerja team hanya sebagai slogan tentu tidak akan berhasil. Setiap buku pelajaran manajemen, setiap komentar pertandingan sepak bola setiap komunikasi perusahaan terus menerus berusaha menekan kan bahwa team itu paling baik, bandingkan antara pemain team dan perorangan – mana yang lebih baik lihatlah team – team yang ada pasti akan anda temukan sesuatu yang kurang sempurna.

Manfaat teoritis dari sebuah team dapat di rangkum dalam satukata : SINERGI. Sinergi pada mulanya merupakan istilah biologi yang menggambarkan cara penggabungan bagian – bagian tubuh yang beda yang menghasilkan sesuatu yang lebih dari sekedar penggabungan bagian – bagian tersebut. Akhir- akhir ini istilah tersebut juga telah di gunakan sekelompok orang yang mengabungkan diri dengan cara yang sama. Kerja team di harapkan akan menggabungkan bakat individu untuk menghasilkan sesuatu yang lebih daripada yang mungkin di hasilkan setiap individu secara terpisah. Kita semua dapat memikirkan bahwa contoh contoh tersebut benar. Akan tetapi ada baik nya memikirkan juga kasus kasus dimana penggabungan suatu team memiliki pengaruh negatif. Team mungkin saja memiliki seseuatu yang tersirat,yang sangat positif tetapi komite atau rapat yang saya lakukan hanyalah menghadiri sangatlah berbeda.

Seringkali hasil penggabungan sekelompok orang bukannya memberikan sekelompok orang bukannya memnerikan sinergi tetapi malah kekacauan. Kemungkinan terbaik adalah penggabungan tersebuat bisa saja membosankan setiap orang hingga mereka memberikan kontribusi yang minimum. Yang terburuk akan ada tekanan secara aktif terhadap munculnya gagasan baru dan pemborosan waktu yang sangat mencolok. Apakah ini berarti bahwa semua kepura puraan kita tentang team itu salah?pada keadaan tertentu memang demikian.ada beberapa kegiatan yang lebih baik di lakukan individu. akan tetapi pada umumnya dan sudah pasti dalam konteks bisnis, tim dapat memberi manfaat nyata. Kesulitannya adalah bagaimana anda dapat membuat tim tersebut bekerja sama, akan sangat membantu bila kita mengetahui apa yang memuat sesuatu team pecah.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.