Sejarah Outbound

Kegiatan outbound sudah sangat sering kita dengar, tapi tahukah anda bagaimana sejarah outbound? Berikut kami ceritakan mengenai sejarah outbound.

Jauh sebelum era industry di Eropa, kegiatan outbound sudah diperkenalkan sebagai bagian untuk pengembangan diri (personal development) dan pengembangan team (team development). Kegiatan ini diadakan oleh sekolah Round Hill School melalui pendidikan kegiatan di alam terbuka, atau lebih dikenal sebagai proses mencari pengalaman di era tahun 1821.

sejarah outbound

Pada sekitar tahun 1941, DR. Kurt Hahn seorang tokoh pendidikan berkebangsaan Jerman mengadakan sebuah kegiatan yang dinamai outbound. Pada tahun 1933 beliau melarikan diri ke Inggris dikarenakan berseberangan pendapat politik dengan Hitler penguasa pada saat itu. Dengan bantuan seorang pengusaha kapal bernama Lawrence Holt, beliau mendirikan lembaga pendidikan outbound tersebut. Dr. Hahn menggunakan nama Outward Bound sebagai nama sekolahnya yang berdiri di Aberdovey, Wales tepat pada tahun 1941. Sekolah ini didirikan dengan tujuan melatih fisik dan mental para pelaut muda guna menghadapi ganasnya pelayaran di lautan Antlatik pada saat itu, dikarenakan Inggris ikut terlibat dalam perang dunia II.

Pelatihan outbound pada tahap awal ini memakai kegiatan mendaki gunung dan petualangan di laut sebagai medianya. DR. Hahn sendiri mempunyai anggapan bahwa kegiatan berpetualang bukan merupakan kegiatan main-main melainkan sebagai wahana berlatih anak-anak muda sebagai ajang menuju kedewasaan.

Dengan menggunakan metode, media dan pendekatan yang dilakukan oleh sekolah Outward Bound, banyak ahli pendidikan yang mengklasifikasikan bentuk pelatihan yang diajarkan Dr. Hanh sebagai adventure education atau experiental learning. Setelah berakhirnya perang dunia II, metode pelatihan ini berkembang pesat dan mulai ditiru di banyak tempat bahkan sampai keluar wilayah Eropa.

Outbound training di Indonesia mulai masuk sekitar tahun 1990 dengan nama Outward Bound Indonesia. Dewasa ini banyak sekali lembaga pendidikan outbound yang berdiri, dengan level professionalism dan kelengkapan peralatan yang berbeda. Sangat bijak bagi anda untuk memilih lembaga outbound yang benar-benra professional, Synergy Indonesia adalah jawabannya.

 


Leave a Reply


SYNERGY INDONESIA
30/F MENARA KADIN INDONESIA
Jl. H.R. Rasuna Said, Block X-5, Kav. 2-3
Jakarta 12950 - INDONESIA
E-mail: info@synergy-outbound.com / indonesia.synergy@yahoo.com
Facebook : SYNERGY INDONESIA
For Outbound Reservation.
Please Call Farrel:
(021) 96 86 57 59
0812 98 28 58 98
Pin BB: 25 EFFF 5B
eXTReMe Tracker