Pemecah kebekuan (Ice-Breaker)

Latihan yang didisain untuk memecah hambatan antar angggota dalam kelompok, baik apakah anda sedang berurusan dengan team baru, sekelompok orang dari bagian yang berbeda dalam perusahaan anda atau hanyalah suatu suasana baru yang belum terbiasa.

Satu gaya pemecah kebekuan ini bertindak pada suatu tingkatan sosial. KIta akan mendapatkan sedikit banyak informasi tentang orang lain dalam kelompok itu. Nama mereka, minat mereka, apa yang mereka lakukan dalam waktu senggang mereka.Ini merupakan percepatan interaksi sosial yang normal dengan mendorong anggota team tersebut dari seorang asing menjadi bagian dari kelompok sosial anda.

Pemecah kebekuan lainnya di lakukan secara fisik yaitu dengan membuat orang – orang berdekatan secara fisik dan memaksa mereka untuk berinteraksi.Oleh karena itu tidak dapat di terima begitu saja oleh orang asing. Anggota team lainnya secara otomatis di paksa untuk berubah dari “mereka” menjadi “kami”.

PEMANASAN ( warm- ups )

Tujuan Akhir suatu pemanasan adalah untuk menaikan semangat kelompok. Apapun tujuan team tersebut akan lebih produktif jika anggotanya memiliki semangat yang tinggi. Dua kunci utama mekanisme pemanasan ini ialah keadaan fisik dan gelak tawa. Sesuai dengan sifatnya, team bisnis ini sebagian besar tidak berpindah pindah, sering bekerja dalam kantor yang terlalu gerah dengan kondisi udara yang kurang sempurna. Sisi fisik pemanasan ini membantu melawan pengaruh mati rasa lingkungan.Kadang- kadang cukup hanya dengan meminta orang meninggalkan kursinya atau keluar gedung selama beberapa menit. Namun ada sesuatu yang lain selain aspek fisik ini. Kegiatan merangsang badan (fisik) dan dengan otak akan terangsang untuk melakukan tindakan yang lebih efektif. Tidak hanya melawan kelesuan, tetapi secara positif meningkatkan efektivitas.

Faktor kedua adalah gelak tawa, mudah di abaikan. Bagaimanapun juga, kita sedang terlibat dalam suatu bisnis serius. Namun gelak tawa merupakan sesuatu kekuatan besar untuk menghasilkan energi. Banyak latihan pemanasan akan merangsang anggota team untuk tertawa dengan gagasan dan tindakan mereka sendiri atau dengan upaya- upaya lain. Gelak tawa ini merupakan suatu kekuatan positif dalam mengatasi kelesuan dan dapat meningkatkan produktifitas.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.