PAKET IN HOUSE TRAINING II – PENAWARAN JASA PELATIHAN PEMIMPIN SEBAGAI AGEN PERUBAHAN

THE LEADER AS AGENT OF CHANGE

Dari sekian banyak tantangan yang di hadapi oleh pemimpin dan manager, mengelola perubahan adalah salah satu yang paling sulit.Salah satu alasan kepemimpinan menjadi begitu penting dalam beberapa tahun terakhir adalah bahwa dunia bisnis telah semakin penuh persaingan dan perubahan dalam desaign organisasi, maupun kepemimpinan sangat di perlukan untuk bertahan hidup dalam lingkungan yang baru.

Seorang pemimpin memainkan peranan yang sangat dominan dalam kehidupan berorganisasi. Peranan yang dominan tersebut sama sekali tidak mengurangi apalagi mengabaikan,pentingnya peranan yang perlu dan harus dimainkan oleh bawahannya. Akan tetapi bawahan perlu di bimbing, di arahkan,di bina dan di gerakan sedemikian rupa sehingga mau dan mampu mengerahkan tenaga,waktu juga ketrampilannya bagi kepentingan organisasi yang mana hal ini sangat di pengaruhi oleh kultur kinerja pemimpin dalam menjalankan roda kepemimpinan.

Pemimpin yang efektif harus secara konstan menyesuaikan terhadap perbahan dan berpikir ke depan tentang perubahan potensial dan yang dapat di rubah. Hal ini menjamin bahwa pemimpin di sediakan untuk seluruh situasi atau peristiwa-peristiwa yang dapat mengancam kesuksesan organisasi.

Sebagai agen perubahan,pemimpin adalah individu yang bertanggung jawab untuk mengubah sistem dan tingkah laku anggota kesatuannya. Untuk itu seorang pemimpin membutuhkan suatu pemahaman yang komprehensif mengenai cara-cara melakukan suatu perubahan.

Tujuan Pelatihan :

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta di harapkan :

  1. Termotivasi untuk bekerja dengan totalitas dan berkualitas.
  2. Terdorong untuk dapat berpikir secara kreatif dan mampu menampilkan ide-ide perbaikan yang bermanfaat bagi peningkatan kinerja.
  3. Mampu memahami kiat dan cara-cara mengubah cara pandang yang tepat dalam menghadapi suatu perubahan.
  4. Memahami hakikat dari suatu perubahan dalam kaitannya dengan tuntunan kinerja.
  5. Memahami kiat mendorong dan menggerakan bawahan agar dapat meningkatkan produktifitas kinerja mereka.
  6. Memahami peran dan fungsi kepemimpinan yang efektif

Manfaat dan keuntungan dengan mengikuti pelatihan ini :

  1. Meningkatkan pemahaman bahwa pekerjaan adalah aset produktif yang akan membuat diri sejahtera bersama
  2. Meningkatkan pengetahuan untuk melakukan perbaikan terhadap cara kerja dan menjadikan diri selalu lebih baik dalam menjalankan pekerjaan.
  3. Meningkatkan pengetahuan bahwa bekerja itu harus dengan sepenuh hati,agar pekerjaan tidak menjadi sesuatu yang membebani hidup.
  4. Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan untuk melayani organisasi dan stakeholder secara cepat dan tepat.
  5. Mengerti untuk memotivasi diri sendiri dalam mencapai target.
  6. Mengetahui cara meningkatkan peran kepemimpinan yang efektif dalam meningkatkan kinerja bawahan.
  7. Meningkatkan kemampuan leader/supervisor untuk mempengaruhi dan mengarahkan orang dan kelompok lain dalam berorganisasi.
  8. Mendapatkan motivasi dan pencerahan untuk kesadaran diri,manajemen diri dan pengembangan diri.

Gambaran Materi Pelatihan :

Sesi 1 : Breaking Out of The Comfort Zone : Hakikat dari zona nyaman,pentingnya melebarkan sayap zona nyaman untuk mencapai produktifitas kerja yang maksimal,cara-cara efektif untuk dapat melebarkan zona nyaman.

Sesi 2 : Efektif Change and Productivity : Tujuan dan hakikat dari suatu perubahan, kaitan antara personal effectivennes dan producitivity, Blueprint perubahan : Pupose of life (visi hidup), Toward values,nilai-nilai yang di hindari,belief ( keyakinan),trauma,referensi,pertanyaan yang di ajukan ke otak kita.

Sessi 3 : Boosting Productivity Through Mindset Change : Pengertian fixed mindset change dan growth mindset, kreativitas dan perubahan mindset,kaitan antara perubahan mindset dan improvement (kreativitas dalam kerja), faktor yang menentukan growt mindset (cara pandang yang positif/tumbuh terhadap perubahan)

Sessi 4 : Basic Effective Leadership : Ice breaking,belajar konsep kemepimpinan : Pengertian pemimpin,perbedaan pemimpin dan manager,ketrampilan dasar dalam memimpin dan kepemimpinan efektif.

Sessi 5 : Leader As A Coach : Sekilas tentang coaching, 4 elemen dasar dari coaching, proses coaching, cara-cara coaching yang efektif.

Metode Pelatihan : Ceramah, Diskusi, Games,Simulasi, analisa kasus, self assesment.

Waktu : 1 hari – 7 jam

Tempat : Tentative

Biaya : Rp. 4.000.000 / jam .

Jumlah peserta maksimal : 30 orang


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.