Materi Outbound Training

Dalam penyusunan materi outbound perlu diperhatikan tentang aspek bagaimana materi yang akan disampaikan nantinya mampu menambah kecakapan dan kemampuan masing-masing individu dan kelompok. Sehingga sifat-sifat baik dari peserta akan lebih terasah dengan demikian mampu lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya.

Dirunut dari sejarahnya, outbound yang dilaksanakan di alam terbuka dapat membuat peserta melupakan kepenatan dan ketegangan dari aktivitas dan rutinitas keseharianya, sehingga setelah melaksanakan outbound training peserta dapat lebih segar kembali dalam aktivitasnya. Pelatihan outbound pun dapat meningkatkan rasa kebersamaan dalam lingkup teamoutbound training maupun masyarakat. Dan juga mampu  menggali potensi peserta agar dapat mengembangkan kemampuan pribadinya melalui tantangan-tantangan mental dan fisik saat outbound, sehingga selalu lebih siap untuk menghadapi  tantangan pekerjaan atau karir.

Untuk memdapatkan hasil yang maksimal sesuai tujuan outbound, berikut kami share beberapa materi wajib yang selayaknya ada dalam setiap kegiatan outbound.

1. Ice Breaking

Saat pertamakali acara dimulai, bisa dipastikan hampir seluruh peserta dalam keadaan tegang. Oleh karena itu perlu sebuah tahapan untuk memecahkan suasana yang kaku, sesi ini dilakukan dengan saling sapa dan berkenalan satu dengan yang lain sehingga peserta bisa lebih akrab.

2. Komunikasi

Pada materi ini peserta dikondisikan dalam sesi permainan yang menarik dan tidak membosankan. Sehingga komunikasi antar anggota team bisa terbentuk dan tercipta rasa saling percaya terhadap rekannya.

3. Team Buliding

Materi outbound ini mengkondisikan peserta dalam permainan team. Sehingga akan tercipta saling mendukung dan kerjasam. Pentingnya komunikasi dan membangun suatu tim yang kompak adalah tujuan dari materi ini.

4. Penyelesaian Masalah

Peserta training outbound mampu mengenali masalah yang ada serta cara penyelesaiannya, peserta disuguhi materi tentang memilih informasi yang relevan dan membuat analisis serta keputusan untuk menemukan sebab timbulnya persoalan secara lebih terarah.

5. Game Kompetisi

Pada materi ini peserta diharap mengatur strategi dan mengoptimalkan segala kemampuan baik individu maupun kemampuan kelompok.

Demikianlah 5 materi wajib saat pelaksanaan outbound, diharapkan semua target dapat tercapai dan perubahan menjadi team yang solid dan mapan menjadi tujuan utamanya.

 


Leave a Reply


SYNERGY INDONESIA
30/F MENARA KADIN INDONESIA
Jl. H.R. Rasuna Said, Block X-5, Kav. 2-3
Jakarta 12950 - INDONESIA
E-mail: info@synergy-outbound.com / indonesia.synergy@yahoo.com
Facebook : SYNERGY INDONESIA
For Outbound Reservation.
Please Call Farrel:
(021) 96 86 57 59
0812 98 28 58 98
Pin BB: 2774 f 958
eXTReMe Tracker