KUMPULAN GAMES TEAM BUILDING / OUTBOUND TRAINING, DESKRIPSI DAN INSIGHT NYA VII

BLIND POLIGON : Leadership – Value : Setiap peserta dapat merasakan menjadi pemimpin dan follower. Pemimpin bukan hanya mengarahkan ke arah tujuan yang benar tapi juga mempengaruhi mindset follower nya agar merasa nyaman ketika mengikuti perintah dan melaksanakan tugas nya.

BLIND POLIGON : Insight : Leadership – Value : Setiap peserta dapat merasakan menjadi pemimpin dan follower. Pemimpin bukan hanya mengarahkan ke arah tujuan yang benar tapi juga mempengaruhi mindset follower nya agar merasa nyaman ketika mengikuti perintah dan melaksanakan tugasnya.

Deskripsi Game : Dalam game blind poligon ini semua anggota team kecuali sang leader akan di tutup matanya. Anggota team yang di tutup matanya akan memegang sebuah tali rafting panjang yang berbentuk lingkaran. Akan ada beberapa beberapa perintah. Yaitu membuat segitiga sama kaki,membuat segitiga sama sisi, persegi panjang, bujur sangkar dan bentuk bentuk lainnya.

ARMAGEDON : Insight : Team work – Value : Berbicara tentang team work selalu berkaitan erat dengan pengorbanan dan kontribusi. Team akan di tuntut bekerjasama satu sama lain sehingga tujuan utama tercapai. Setiap anggota team di tuntut memberikan yang terbaik yang bisa di lakukan agar tujuan tercapai dengan baik.

Deskripsi Game : Team work – Value : Dalam Game Armagedon, setiap team wajib memasukan bom-bom kecil berkekuatan dahsyat sebanyak 5 bom kecil kedalam sebuh wadah galon pemusnah bom. Team akan di berikan tali pramuka atau webbing, pipa paralon yang ujungnya lancip sebagai media agar bom bisa di pindahkan ke dalam gallon penawar bom.

LEGGOO CONSTRUCTION : Communication – Value : Komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang menghasilkan pesan tersampaikan dengan baik. Dalam komunikasi selalu ada sumber pesan dan penerima pesan. Komunikasi yang baik selalu ada timbal balik dari kedua nya agar pesan tersampaikan dengan baik dan tujuan tercapai.

Deskripsi Game : Dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, setiap team akan di bagi dalam 3 sub team kecil yaitu team visioner,team mediator, dan team eksekutor. Team Visioner akan melihat prototype sebuah konstruksi leggo dengan berbagi bentuk dan warna. Team mediator akan menerima dan menyampaikan pesan dari team visioner untuk di lanjutkan kepada team eksekutor. Team eksekutor akan membangun sebuah konstruksi dari awal sehingga menyerupai prototype tersebut.

TOXIC BALL : Problem Solving – Value : Pemecahan masalah selalu membutuhkan langkah- langkah PDCA ketika team membutuhkan penyelasaian satu masalah maka team akan di tuntut untuk merencanakan langkah- langkah, mengeksekusi dari rencana bila gagal akan mencek kembali dan menentukan kembali langkah atau strategi baru dan mengeksekusi dari hasil kesalahan- kesalahan sebelumnya.

Deskripsi Game : Pada Game Toxic Ball, Team akan memindahkan bola beracun sebanyak 5 bola yang akan di netralisir kesebuah wadah dengan menggunakan webing khusus. Wadah akan ada sebanyak 5 buah juga. Dalam menjalankan tugas tidak di perbolehkan memasuki area terlarang di sekitar wadah netralisir bola beracun.

WILLOW IN THE WIND : Insight : Trust Building – Value : Kepercayaan adalah hal mutlak yang harus dimiliki semua anggota team baik sesama anggota team yakin dan percaya bahwa setiap anggota team tidak mungkin mencelakakan anggota team lainnya. Faktor safety mutlak di miliki semua anggota team terhadap suatu tugas yang akan di emban oleh team tersebut.

Deskripsi Game : Semua anggota team akan membentuk satu lingkaran rapat dengan bahu antar bahu bertemu dan saling berhimpitan. Satu anggota team akan berada dalam lingkaran kecil tersebut. Anggota team yang berada dalam lingkaran akan mendorong perlahan lahan ke kiri dan ke kanan, kedepan dan kebelakang anggota team yang akan yang ada di tengah lingkaran. Setiap anggota team merasakan menjadi orang yang ada di tengah lingkaran.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.