KUMPULAN GAMES TEAM BUILDING CHALLENGE/OUTBOUND TRAINING INSIGHT/ VALUE DAN DESKRIPSINYA (II)

BLIND LEAD : Insight: Leadership – Value : Setiap peserta dapat merasakan menjadi pemimpin dan pengikut. Pemimpin bukan hanya mengarahkan ke arah Tujuan yang benar benar di sepakati tapi juga mempengaruhi mindsset pengikutnya agar merasa nyaman ketika mengikuti perintah dan melaksanakan tugas nya.

Deskripsi Game : Dalam Game Blind lead seluruh peserta akan memulai dari titik start menuju titik finish dengan jalur yang tersedia dengan berbagai halang rintang atau obstacle yang ada.Bila follower menyentuh halang rintang atau obstacle maka leader akan berganti.Seluruh follower akan di kondisikan memakai penutup mata.

AMAZON : INSIGHT – VALUE : Berbicara mengenai team work selalu berkaitan erat dengan pengorbanan dan kontribusi. Team akan di tuntut untuk bekerjasama atu sama lain sehingga tujuan tercapai. Setiap anggota team di tuntut untuk memberikan yang terbaik yang bisa dilakukan agar tujuan team tercapai dengan baik.

Dsekripsi : Dalam game Amazon ini, setiap team di wajibkan untuk mengambil bola sebanyak-banyak nya. Letak bola berada di bawah patahan tanah dengan menggunakan media yaitu tali pramuka atau tali webing, satu buah batang bambu ukuran 2 meter dan papan / balok kayu tebal sepanjang 3 meter. Satu orang dari setiap team akan menjadi eksekutor nya dan anggota team yang lainnya akan mensupport sebaik mungkin agar sang eksekutor dapat mengambil dan mengumpulkan bola sebanyak – banyak nya.

ESCAPE FROM ALCATRAZ : Insight : Communication – Value : Komunikasi efektif adalah komunikasi yang menghasilkan dan menjamin pesan tersampaikan dengan baik.Dalam komunikasi selalu ada sumber pesan dan penerima pesan. Komunikasi yang baik selalu ada timbal balik dari keduanya agar pesan tersampaikan dengan baik dan tujuan team tercapai.

Deskripsi Game : Dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, setiap team akan di tuntut memecahkan sebuah sandi yang ada di atas media alcatraz.Setiap anggota team akan mencoba keluar jalur dari penjara alcatraz dengan mencoba satu persatu.di sana mereka akan menggunakan sistem learning by doing dan learning by experience. Anggota team yang lain akan berbaris membelakangi anggota team yang mencoba memecahkan jalur alcatraz.Dengan pengalaman dari setiap anggota team makan sandi atau jalur akan terpecahkan dan semua team akan lolos sampai ke titik finish.

MOVING TOGETHER : Problem Solving – Value : Pemecahan masalah selalu memerlukan langkang – langkah Plan- Do- Check and Action atau PDCA.Ketika team membutuhkan penyelesaian satu masalah maka team akan di tuntut untuk merencanakan langkah- langkah, mengeksekusi sebuah rencana bila gagal akan mencek kembali dan menentukan kembali langkah dan strategi dan mengeskekusi dari kesalahan- kesalahan berikutnya.

Deskripsi Game : Pada Game Moving together setiap team di analogikan menyebrangi rawa- rawa ysng di penuhi reftil berbahaya dengan menggunakan 4 buah kerat dan 4 buah papan kayu teabal yang kuat. Anggota tubuh setiap team tidak ada yang boleh menyentuh permukaan rawa. Team akan di nyatakan berhasil jika dapat memindahkan semua anggota team dan alat- lat yang ada tanpa menyentuh rawa dan tanpa ada yang tertinggal.

WEBBING TRUST : Insight – Value : Kepercayaan adalah hal yang mutlak yang harus dimiliki semua anggota team baik sesama anggota team maupun akin dan percaya bahwa setiap orang tidak mungkin mencelakakananggota team yang lain.. Fakttor safety mutlak di miliki oleh setiap anggota team terhadap tugas yang di berikan.

Deskripsi Game :Setiap team akan mendapatkan satu buah webbing yang akan di simpul dengan aman oleh Instruktur atau fasilitator Synergy Indonesia. Tugas team adalah membuat du baris saling berhadap hadapan dengan satu orang di tengah tengah webing yang tealah tersimpul yang di pegang kedua sisinya oleh semua peserta.Team akan menghitung dan menaik turunkan orang yang di tengah yang dala posisi tidur.orang yang posisi tidur akan di ikat kaki dan tangannya untuk memastikan keamanan anggota team lainnya.Anggota team akan bergantian sehingga semua anggota team mendapatkan gilirannya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.