KUMPULAN GAMES TEAM BUILDING CHALLENGE – OUTBOUND TRAINING, INSIGHT DAN DESKRIPSINYA IV

TAMPAH GOYANG : Leadership – Value : Setiap Peserta dapat merasakan menjadi pemimpin dan follower. Pemimpin bukan hanya mengarahkan ke arah tujuan yang benar tapi juga mempengaruhi mindset follower nya agar merasa nyaman ketika mengikuti perintah dan melakukan tugasnya.

Deskripsi Game: Dalam game Tampah Goyang seorang leader akan duduk di tengah-tengah sebuah tampah yang tergantung dan setiap sisi tadinya akan di pegang oleh semua anggota team yang memegang tali di tutup matanya. Team akan menaikan dan menurunkan sebuah tampah yang di atas nya ada sebuah media baskom dan berisikan air. Team dengan jumlah debit air terbanyak ketika hasil dari proses naik dan turunnya baskom di nyatakan sebagai pemenang.

HIGHES BUILDING :Teamwork – Value : Berbicara tentang Teamwork selalu berkaitan erat dengan pengorbanan dan kontribusi.Team akan di di tuntut bekerjasama satu sama lain sehingga tujuan utama tercapai. Setiap anggota team di tuntut memberikan yang terbaik yang bisa di lakukan agar tujuan tercapai dengan baik.

Deskripsi Game : Dalam Game Highes Building, Team akan di beri tugas membuat sebuah menara setinggi tingginya dengan menggunakan bahan bahan kertas koran,solatip dan gunting. Sifat konstruksi atau bangunan harusnya mandiri, kokoh dan bisa dipindah-pindahkan atau mobile. Team yang bangunan konstruksinya dengan kriteria si atas dan paling tinggi dinyatakan sebagai pemenang.

SINKING TITANIC : Insight : Communication – Value : Komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang menghasilkan pesan tersampaikan dengan baik. Dalam komunikasi yang baik selalu ada timbal balik dari keduanya agar pesan tersampaikan dengan baik dan tujuan team tercapai.

Deskripsi Game : Dengan memenafaatkan sumber daya yang ada team mendapatkan tugas membalikan sebuah terpal dengan ukuran 3×3 meter dengan semua anggota team berada di atas terpal tersebut tanpa keluar dan menginjak bumi.Terpal yang awalnya berwarna oranye akan di balikan oleh team sampai terpal yang berwarna biru akhirnya terijak team. Ketika proses pembalikan semua anggota team tidak boleh ada anngota team yang menyentuh bumi atau keluar dari terpal.

FOOT AND HAND : Insight : Problem Solving – Value : Pemecah masalah selalu membutuhkan langkah- langkah PDCA. Ketika team membutuhkan penyelesaikan satu masalah maka team akan di tuntut untuk merencanakan langkah- langkah,mengeksekusi dari rencana bila gagal akan mengecek kembali dan menentukan kembali langkah- langkah atau strategi baru dan mengeksekusi hasil kesalahan kesalahan sebelumnya.

Deskripsi Game : Pada game Foot and hand setiap team bertugas memindahkan empat buah ring yang ada di titik start dan di pindahkan ke titik finish. Dalam prosesnya akan ada satu orang yang berperan sebagai tangan dan lebihnya semuua anggota team akan berperan sebagai kaki. Anggota team yang berperan sebagai tangan tidak di perkenankan menginjak bumi dan anggota team lainnya yang berperan sebagai kaki tidak di perkenankan membawa si tangan.Cukup si tangan yang berperan dan berjalan yang berjalan si antara si kaki. Team yang dapat menyebrangkan4 riang dengan waktu terbaik dinyatakan sebagai pemenang.

DIVE TRUST : Insight : Trust Building – Value : Kepercayaan adalah hal mutlak yang harus di miliki semua anggota team baik sesama anggota team maupun yakin dan percaya bahwa setiap orang dari team tidak mungkin mencelakakan semua anggota team lainnya.Faktor safety mutlak si miliki semua anggota team terhadap suatu tugas yang akan di emban oleh team tersebut.

Deskripsi Game : Setiap Team akan mendapatkan 1 buah webbing yang akan di simpul dengan aman oleh instruktur Synergy Indonesia. Tugas team adalah membuat dua baris saling berhadapan hadapan dengan satu orang ada di tengah tengah webbing yang di pegang oleh semua anggota team. Dengan menggunakan bangku , satu orang akan melompat dan semua anggota team melompat. Game ini akan di mainkan secara bergantian hingga seluruh anggota team akan secara bergantian hingga hingga seluruh anggota team mendapat giliran sebagai pelompat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.