KUMPULAN GAMES TEAM BUILDING CHALLENGE, INSIGHT DAN DESKRIPSINYA III

TRAFFIC JAM : Insight : Leadership – Value : Setiap peserta dapat merasakan dan mengalami peran sebagai pempimpin atau pengikut. Pemimpin bukan hanya mengarahkan ke arah tujuan yang akan di capai tetapi juga mempengaruhi mindset followernya agar merasa nyaman ketika mengikuti perintah dan melaksanakan tugasnya.

Deskripsi Game : Setiap team akan di bagi menjadi 2 sub team.masing- masing subteam akan saling berhadap hadapan dan menginjak matras kecil. Diantara 2 subteam akan berhadap hadapan akan ada satu matras kosong. Tugas team besar adalah memindahkan sub team A ke tempat sub team B dan sebaliknya.Ketika dalam proses pemindahan semua anggota team tidak di perkenankan keluar dari matras dan menginjak bumi, mundur ke belakang dan macet atau bertumpuk. Setiap kali macet atau Jam maka permaianan akan di ulang dari awalLeader akan berada di luar barisan sub team A dan sub team B. Setiap jam atau macet maka permainan akan di ulang dan di lakukan pergantian leader.

SPIDER WEB :Team Work – Value : Berbicara tentang team work selalu berkaitan erat dengan pengorbanan dan kontribusi. Team akan di tuntut bekerja sama satu sama lain sehingga tujuan utama tercapai. Setiap anggota team di tuntut memberikan yang terbaik yang bisa di lakukan agar tujuan team tercapai dengan baik.

Deskripsi Game : Dalam Game Spider Web ini team akan mendapatkan tugas khusus dalam melarikan diri ari kejaran musuh dan ketika menemui sebuah jalan terhalang oleh jaring- jaring raksasa. Tugas team adalah memindahkan atau menyebrangkan semua anggota team tanpa menyentuh jaring laba- laba tersebut. Bila ada anggota team yang tersentuh jaring laba- laba maka anggota team yang kena tersebut akan mengulangnya dari awal.Team dinyatakan sukses bila dapat menyebrangkan seluruh anggota team dengan satu orang satu lubang saja tanpa terkena jaring laba- laba tersebut.

POOL AND TIRE : Insight : Communication – Value : Komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang menghasilkan pesan tersampaikan dengan baik. Dalam komunikasi selalu ada sumber pesan dan penerima pesan. Komunikasi yang baik selalu ada timbal bailk dari keduanya agar pesan tersampaikan dengan baik dan tujuan bersama team tercapai.

Deskripsi Game : Dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia, Setiap team akan memasukan dan mengeluarkan 4 buah ban dalam mobil kedalam tower yang tebuat dari sebatang bambu dengan ketinggian minimal dua meter dan setiap tower bambu berbeda tingginya. Setiap anggota team akan memperoleh sebatang bambu dengan panjang 1,5 meter. Dalam proses nya setiap anggota team hanya boleh menggunakan bambu tersebut dalam melaksanakan tugas nya.

SLIDING DRUM : Insight : Problem Solving – Value : Pemecahan masalah selalu membutuhkan Langkah- langkah PDCA. Ketika Team membutuhkan penyelesaian akhir satu masalah maka team akan di tuntut merencanakan langkah- langkahnya, Mengeksekusi dari rencana bila gagal akan mencek kembali dan menentukan kembali langkah atau strategi baru dan akan mengeksekusi dari hasil kesalahan – kesalahan sebelumnya.

Deskripsi Game : Pada Game Sliding Drum setiap anggota team akan di berikan sebilah bambu kecil dengan ukuran 50 cm, akan ada lintasan memanjang dan tugas team adalah memindahkan air sebanyak – banyaknya dari titik start ke titik finish dengan menggunakan media sebuah ember plastik yang sisinyanya sudah di hilangkan. Setiap anggota team hanya di perbolehkan menyeberangkan ember berisi air tersebut dengan menggunakan stick bambu sepanjang 50cm tersebut.Team yang berhasil menyebrangkan jumlah air terbanyak dengan waktu tercepat dinyatakan sebagai pemenang.

BACK STAND UP : Insight : Trust – Value : Kepercayaan adalah hal mutlak yang harus dimiliki semua anggota team baik sesama anggota team dan harus yakin dan believe bahwa sesama anggota team tidak mungkin mencelakakan anggota team lainnya. Faktor Safety mutlak di laksanakan semua anggota team terhadap suatu tugas yang akan di embanoleh team tersebut.

Deskripsi Game : Setiap Team akan di bagi menjadi berpasng-pasangan dengan saling membelakangi satu sama lain. Setiap pasangan dengan keadaan duduk, punggung saling berhimpitan akan mencoba berdiri secara bersamaan.Setelah berhasil berdiri bersamaan dengan berdua maka selanjutnya akan berempat, ber enam, berdelapan dan seterusnya sampai semua team secara bersama sama melakukan back stand up.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.