ADVERSITY RESPONSE DEVELOPMENT

Ketika anda mengalami masalah, yaitu masalah yang amat sulit dan menyusahkan, barangkali amat mengecilkan hati, ada satu prinsip dasar untuk di terapkan…Prinsip ini adalah jangan pernah berhenti atau MENYERAH !

Menyerah sama juga dengan mengundang kekalahan total. Dan ini tidak hanya menyangkut persoalan yang di hadapi,menyerah menunjang kekalahan pribadi. Menyerah cenderung mengembangkan psikologi kekalahan.

Hadapilah masalah dengan cara lain jika metode yang anda gunakan tidak berhasil. Dan jika pendekatan baru tersebut gagal berjalan dengan baik, maka dekatilah dengan cara lain hingga anda benar- benar menemukan kunci bagi situasinya, Karena kunci itu memang ada,selalu ada dan pencarian serta usaha yang terus menerus dan bijaksana serta tidak menyimpang pasti akan menghasilkannya. “Cukup berfikir, jangan menjadi emosional dan berpeganglah pada prinsip jangan terlalu cepat untuk mnyerah”.

Mengapa kita berbicara tentang masalah?sebab selama kita masih hidup pasti kita selalu punya masalah. Demikian pula pekerjaan, kita tak juga bebas dari masalah. Masalah itu tak jarang menekan hidup kita. Tahan kah kita terhadap tekanan?

Norman Vincent Peale, memberikan beberapa pandangan demikian. “Jangan terlalu cepat untuk menyerah”. Banyak orang yang bekerja, berjuang, berfikir dan berdoa…akan tetapi karena perjalanan sulit,mereka menjadi letih dan putus asa dan pada akhirnya akan berhenti. Padahal, kalau saja mereka lebih sabar dan bertahan dengan berani melihat kedepan, mereka akan menemukan hasil yang mereka cari,Ingatlah, Bila pintu tertutup, masih ada jendela yang terbuka!”

Kiat untuk tetap bertahan dalam tekanan adalah : Jangan pernah bicara tentang kekalahan, karena jika anda melakukannya anda menyuruh anda sendiri untuk menerima kekalahan, Imbaulah ketabahan anda. Hayes Jones mengatakan ” Kerja Keraslah yang akan membuat anda menang. Imbaulah ketabahan anda. Memang mudah sekali untuk berhenti, tetapi berusahalah tetap tabah itulah yang sulit. Memang mudah untuk mundur akan tetapi untuk berjuang dan berjuan…berusahalah tetap hidup itulah yang sulit. Maka teruslah berusaha, anda pasti berhasil. KETEKUNAN, Nabi Muhammad SAW mengatakan, “Tuhan akan selalu bersama orang yang bertekun”. Anda pasti bisa jika anda berfikir BISA. Membangun pikiran positif akan mendorong kita untuk bisa kreatif. Teruslah berharap dan lebih baik lagi berusaha. Prinsip ini untuk melawan dalih keadaan yang sering kita gunakan untuk merasionalisasikan sikap dan menyerah terlalu cepat berhenti. Ingat, anda pasti bisa bila anda pikir BISA!

Prinsip – prinsip penting untuk tetap bertahan dalam tekanan :

  1. Sewaktu menangani suatu masalah, hal nomor satu jangan pernah berhenti menyerang masalah tersebut. Masalah bukan untuk di hindari, melainkan di atasi, maka gunakan prinsip ketekunan.
  2. Berfikirlah lebih tinggi dari gunung kesulitan anda.
  3. Gunakan Motto “Jangan terlalu cepat untuk menyerah”. Teruslah berusaha.
  4. Gunakanlah kata-kata penyemangat,Jangan pernah bicara merendahkan diri anda ucapkanlah kata – kata yang baik
  5. Kerja keras akan membawa kemenangan
  6. Jika pada mulanya anda tidak berhasil, coba dan coba lagi
  7. Jangan Biarkan keadaan mengalahkan anda. Dengan pikiran anda , kendalikan keadaan. anda pasti bisa bila anda berfikir bisa.
  8. Terus lah berusaha terus….Teruslah mencoba Terus…keadaan anda pasti berhasil..Teruslah maju terus…hasilnya pasti baik
  9. dan…God Bless You


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.